Trend Social Media Marketing di Tahun 2022, Menurut Para Pakar Dunia.

Pastinya, social media masih akan menjadi media yang efektif dan efisien untuk memasarkan dan meningkatkan bisnis anda. Tapi pertanyaannya adalah:

Social media apa dan bagaimana memanfaatkan perubahan yang terjadi agar strategi Social Media Marketing yang akan anda terapkan berada di jalur yang benar?

Dalam artikel ini kami mengumpulkan prediksi beberapa pakar tentang trend Social Media Marketing untuk membantu anda mempersiapkan rencana pemasaran di tahun 2022.

Inilah 5 Trend Social Media Marketing yang kami persiapkan untuk anda:

#1 Fitur Baru Instagram: Reels.

Baru-baru ini Adam Mosseri, Head of Instagram, mengatakan bahwa platform tersebut merangkul perubahan paradigma di mana pengguna meminta konten video yang lebih menghibur. Ini berarti sangat penting bagi bisnis untuk mulai menerima perubahan itu sesegera mungkin untuk memasarkan secara efektif di platform tersebut memasuki tahun 2022.

instagram marketing, trend social media marketing 2022
Trend Social Media 2022, Instagram Reels

Video sekarang harus menjadi komponen inti dari strategi Social Media Marketing anda, tetapi jika hanya merekam dan menampilkan video biasa saja tidak cukup . Video harus dibuat kreatif, inovatif, dan menghibur agar bisa menonjol dibanding kompetitor anda.

Saat memasukkan lebih banyak konten video ke dalam strategi social marketing anda, penting untuk dicatat bahwa rentang perhatian audiens anda semakin pendek selama bertahun-tahun. Kebutuhan akan konten yang cepat dan baru telah menjadi semakin umum, sehingga strategi pemasaran Instagram anda perlu menyelaraskan dengan memanfaatkan Reels Instagram dengan video pendek.

Selain itu, menurut Emily Hirsh, seorang Social Advertising Specialist yang mengemukakan bahwa timnya secara konsisten melihat bahwa Reels adalah materi iklan organik dan berbayar yang digunakan untuk kliennya menghasilkan performa terbaik, terutama yang terasa lebih organik/autentik dan tidak terlihat seperti iklan biasa.

Namun, sangat penting dicatat bahwa semua konten video dan Reels yang anda buat bisa memberikan nilai atau value kepada audiens anda dan secara strategis terikat kembali ke penawaran anda.

Tetapi membuat video dengan tema yang berganti-ganti atau tren acak, tanpa membuat konten itu selaras dengan tujuan pemasaran anda secara keseluruhan tidak akan membawa anda ke mana pun alias tidak berguna.

Strategi lain yang berharga untuk dimanfaatkan saat kita memasuki tahun 2022 adalah jika Anda memiliki Reels atau video organik tertentu yang berkinerja baik dan menghasilkan banyak engagement, anda dapat mengubahnya menjadi iklan hanya dengan mengunduh Reels dari akun Instagram anda dan kemudian mengunggahnya untuk untuk dijalankan sebagai iklan.

Cara ini memungkinkan Anda menjangkau orang baru yang kemudian dapat ditargetkan ulang atau dimanfaatkan untuk menjadi lookalike audience/audiens serupa.

#2 Konten Berformat Panjang Mengambil Kembali Perannya

Jelas bahwa tahun 2021 adalah tahun media dengan format pendek/short-form media.

Ledakan TikTok dan adopsi Reels Instagram dalam skala luas, juga pengenalan YouTube Shorts membuat kita semua fokus pada pesan video selama 15 detik. Namun, sebenarnya ada perubahan halus yang terjadi di seluruh platform social media yang ada.

TikTok sekarang telah menambah durasinya hingga 3 menit dan Reels bisa 60 detik. Perubahan-perubahan kecil ini adalah awal dari tanda kembalinya konten dengan waktu yang lebih panjang.

Clubhouse meluncurkan format audio dengan waktu yang lebih panjang. Twitter memperkenalkan Spaces. Facebook keluar dengan Live Audio Rooms dan podcasting yang didukung penuh. YouTube juga merangkul podcasting. Dan jangan lupa tentang Live Video.

Berjualan di social media adalah tren besar dan anda membutuhkan media untuk bisnis jangka panjang. Bahkan Amazon-pun telah merangkul untuk menggunakan Live Video.

Selanjutnya, Michael Stelzner, CEO dan Founder dari Social Media Examiner berpesan, jika Anda memiliki bakat mengobrol, anda harus mulai memanfaatkannya. Audio dan video berdurasi lebih panjang akan menjadi yang utama di tahun 2022.

#3 Pengalaman Facebook Menjadi Saluran Pemasaran Terkemuka

Menurut Mari Smith yang dijuluki “Queen of Facebook” karena keahliannya dalam Facebook Marketing secara organic berpendapat bahwa meskipun Facebook terus mendominasi sebagai jejaring sosial #1 dunia dengan 2,9 miliar pengguna aktif bulanan, semakin banyak orang yang mendambakan pengalaman di komunitas dan subkultur yang lebih kecil dan khusus.

trend social media marketing 2022
Trend Social Media 2022

Untungnya, Facebook juga unggul dalam menawarkan jenis pengalaman agar terhubung dengan  lebih intim. Merek dan bisnis sebaiknya mulai menggunakan fitur-fitur ini untuk membantu memperdalam hubungan dan membangun lebih banyak kepercayaan dengan audiens mereka:

Grup Facebook – terus berinvestasi dalam membangun grup anda, idealnya ditautkan juga ke halaman Facebook anda. Pada Community Summit tahunan tahun ini, Facebook memperkenalkan banyak fitur untuk membuat grup lebih kuat dan menarik bagi admin dan anggota. Tambahannya mencakup kemampuan untuk membuat subgrup—baik gratis maupun berbayar—Toko untuk menjual barang dagangan, penggalangan dana komunitas, dan sejumlah fitur admin.

Live Audio Rooms – fitur ini terus dikenalkan ke pengguna Facebook. Manfaatkan format ini di dalam grup Facebook anda untuk terhubung lebih dekat dengan anggota. Ini sangat mudah dan anda tidak perlu menyiapkan kamera!

Facebook Live – jangan lupa tentang streaming langsung selain audio. Live Video masih sangat kuat efektifitasnya dan hal terbaik berikutnya adalah audiens menonton secara langsung. Live Video memberikan kesempatan luar biasa untuk terhubung secara real time dengan pengikut Anda.

Selama TikTok tetap menjadi pesaing besar, CEO Meta Platforms, Inc. Mark Zuckerberg dan tim akan memberikan perhatian besar pada fitur serupa. Dan, saat ini, itu adalah Reels di Instagram dan Facebook. Jadi, anda dapat memanfaatkan tren yang meningkat ini untuk visibilitas gratis.

#4 YouTube Shorts Adalah Pengalih Perhatian.

Ingin menang dalam pertumbuhan organik di YouTube? Hal terpenting yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana YouTube bekerja secara keseluruhan dan apa tugas algoritmenya.

Lebih dari strategi atau trik lain di YouTube, memahami bahwa seluruh tugas algoritme adalah memasangkan konten yang tepat dengan pemirsa yang tepat sangatlah penting, dan memasuki tahun 2022, itu adalah kunci kesuksesan.

Ada beberapa tren dan hal penting yang harus diperhatikan sebagai kreator di platform ini pada tahun 2022, jadi mari kita uraikan:

Cara video anda ditemukan dalam penelusuran sedang berubah. Di YouTube dalam beberapa tahun terakhir, jika anda menemukan kata kunci yang tepat, memasukkannya ke dalam judul dan memiliki strategi penandaan atau tag yang kuat, video anda dapat dengan mudah naik ke peringkat teratas pencarian untuk kata kunci tersebut.

Sekarang, saat kita memasuki tahun 2022, tag tidak terlalu penting untuk ditemukan dalam pencarian. Kunci untuk mendominasi pencarian lebih terletak pada kata kunci yang tepat, judul anda, dan deskripsi anda.

Dan YouTube Shorts bukanlah tempat yang harus anda fokuskan. Ini mungkin opini atau prediksi yang tidak populer, tetapi, sementara beberapa pembuat konten pasti telah melihat kesuksesan dengan Shorts, saya tidak berpikir ke sanalah tujuan YouTube atau di mana anda harus memfokuskan upaya anda untuk ditemukan secara organik.

Trend Social Media Marketing 2022

Pengguna YouTube menginginkan konten berdurasi panjang dan konten berdurasi panjang akan berkonversi lebih baik menjadi penjualan, membangun komunitas, dan pertumbuhan berkelanjutan.

Pemirsa yang anda sayangi sebenarnya ingin mengenal anda dan merek anda, bukan hanya menemukan apa yang mereka cari dan pergi. YouTube adalah mesin pencari sehingga masuk akal jika pemirsa ke YouTube ketika mereka mencari jawaban untuk masalah mereka dan pembuat konten harus sangat fokus pada pencarian agar konten mereka bisa ditemukan.

NAMUN, pemirsa yang benar-benar akan berubah menjadi komunitas yang membeli dari anda, tidak hanya ingin mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka dan keluar. Mereka ingin mengenal anda dan merek anda. Jadi, saat anda merencanakan konten untuk tahun 2022, cobalah membuat strategi yang berfokus pada penelusuran dan membangun komunitas di platform komunitas yang penuh dengan pemirsa yang akan kembali untuk setiap video yang anda upload.

Jadilah berbeda dan miliki keunikan anda. Semakin hari YouTube berkembang dan berfokus pada orang-orang yang tidak takut untuk menjadi berbeda dan melakukan hal-hal sedikit di luar normal.

Misalnya, salah satu YouTuber favorit saya adalah Bailey Sarian yang, alih-alih memposting tutorial riasan biasa, dia memberikan sentuhannya sendiri dan memulai seri yang disebut “Misteri Pembunuhan dan Rias Hari Senin” di mana dia merias wajah sambil menceritakan kisah kriminal yang sebenarnya, dan salurannya telah meledak.

Kemudian, bisnis seperti WWE yang melakukan lebih dari sekadar memposting ulang klip konten televisi tapi mereka melakukan wawancara di belakang panggung, eksklusif YouTube, dan banyak lagi.

Menemukan cara untuk menjadi berbeda dari orang lain di platform ini adalah apa yang akan menang pada tahun 2022 dan seterusnya.

#5 Ecommerce Tumbuh di TikTok Dan Masa Hidup Tren Kian Pendek

TikTok telah memantapkan tempatnya di media sosial dan hiburan sebagai fenomena budaya dan akan terus mendominasi video pendek pada tahun 2022. TikTok telah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna dan diperkirakan akan mencapai 1,5 miliar pengguna pada musim semi 2022.

Untuk marketing, ada empat area utama yang harus diperhatikan pada tahun 2022 yang akan memberikan lebih banyak peluang untuk menghasilkan uang.

Pertama, pertumbuhan live streaming yang pesat. Sudah sangat populer di kalangan pengguna biasa kalau TikTok akan terus meningkatkan fitur live-streaming untuk memengaruhi dan mendorong lebih banyak pengguna agar mengadopsinya sebagai strategi pertumbuhan dan pemeliharaan (terakhir terlihat dengan grafik dan peringkat sorotan langsung).

Yang bakal menonjol adalah pergerakan menuju perdagangan live-streaming. Sekarang fitur ini sudah tersedia di Inggris Raya. Jadi ada tautan di live-streaming yang dapat diklik dan bisa langsung menjual produk disana. Tidak diragukan lagi fitur ini akan ampuh bagi bisnis dan merek untuk meningkatkan pendapatan.

Kedua, TikTok terbukti menjadi pesaing yang layak sebagai tempat berjualan di social media.

Diharapkan akan lebih banyak fitur belanja dalam aplikasi ini. Mempertimbangkan kemitraan baru-baru ini dengan Shopify dan kemampuan akun bisnis untuk menandai produk, toko TikTok adalah fitur yang sangat dinanti yang akan tiba pada tahun 2022.

tiktok e-commerce
Trend Social Media Marketing 2022

Selanjutnya, keaslian, kepribadian, dan keterhubungan akan terus menjadi faktor kunci keberhasilan dalam performa video dan pembangunan komunitas untuk bisnis kecil. Memanusiakan atau personifikasi merek anda akan membantu menyiapkan anda untuk sukses. Gen Z terus mendikte tren organik berdasarkan budaya pop dan acara yang layak diberitakan, dan berharap untuk melihat lebih banyak tren ini tersebar di berbagai platform media sosial.

Periode tren akan memendek. Pengguna mengonsumsi tren dengan cepat dan kemungkinan lebih banyak alat akan tiba untuk memprediksi tren lebih awal. Tantangan bagi merek untuk beradaptasi dengan budaya TikTok yang sedang tren dan serba cepat akan terus berlanjut.

Terakhir, akan ada lebih banyak permintaan untuk konten buatan dari pengguna semacam endorse karena sekarang lebih banyak merek tertarik pada aplikasi ini. TikTok sendiri akan terus mendukung merek dengan alat dan program yang dirancang untuk membantu mereka bermitra dengan pembuat konten yang dapat menyediakan konten buatan pengguna yang terasa dinamis dan asli untuk platform.

TikTok Creator Marketplace dan Spark Ads sudah ada, dan dengan peluncuran Creative Exchange Platform baru-baru ini, diharapkan jenis kolaborasi merek dan pembuat konten ini akan berkembang untuk membantu merek menemukan pembuat konten relevan yang memahami TikTok.

Inilah yang disampaikan oleh Wave Wyld yang merupakan pakar pemasaran TikTok sebagai gambaran tren di 2022.

Kesimpulan

Dari pendapat para pakar di atas, social media masih akan menjadi media marketing yang sangat efektif dan berperan besar di dunia bisnis.

Kita juga bisa tarik sebuah kesamaan ide dasar yaitu Social Media Marketing dengan menggunakan format video, baik itu durasi yang lama atau pendek akan menjadi kunci utama kesuksesan menjalankan strategi marketing di social media.

Dan yang terakhir adalah bagaimana menemukan cara untuk membuat konten yang autentik dan berbeda dari orang lain adalah apa yang akan menang pada tahun 2022 dan seterusnya.

Kini saatnya anda menentukan strategi untuk meningkatkan bisnis anda dengan menggunakan social media.

 

 

 

Yana Sandhi

"Bisnis Online akan terus update dan berkembang. Untuk itulah AYOBIZ hadir agar bisa menjadi inspirasi bagaimana mendapatkan peluang di bisnis online dengan lebih baik"